KATA PENGANTAR

 KEPADA YTH

 

 PARA PEMBACA / PEMERHATI  TULISAN  INI 

Saya  hanyalah seorang yang berlatar belakang akuntan dan bukan ahli hukum.

Banyak teman seprofesi dan teman lain yang mencemoohkan tulisan ini. karena mereka pendiriannya kokoh yaitu  korupsi di Indonesia tidak mungkin bisa diberantas.

Namun ya siapa tahu , masih ada orang yang tertarik pada kejujuran sehingga bersedia membaca tulisan ini. Hanya dengan gerakan moral / kejujuran dan etika dan bekerja keras  terutama untuk  para penyelenggara negara, pegawai negeri yang lain., di samping itu juga   masyarakat umum termasuk  pengusaha, pedagang, petani dan lain-lain , barangkali tujuan kemerdekaan yang dituangkan dalam UUD 1945 yaitu masyarakat adil, makmur dan berdaulat semoga  masih dapat dicapai.

Tulisan   ini  terdiri dari 2 kelompok;

  1. Tulisan mengenai  : Peranan Akuntan Dalam Pemberantasan Korupsi  ( Hanya Dengan Gerakan Kejujuran dan Nilai Etika  Barang Kali Tujuan Kemedekaan Rakyat Adil  dan Makmur Dapat Tercapai )

Tulisan ini terdiri dari 14 bab ( Bab I s/d  X IV ).

  1. Tulisan lepas  mengenai masalah  yang ramai dibicarakan  masyarakat, masalah yang perlu dibuatkan undang-undangnya khususnyna yang menyangkut Penyelesaian Damai yang timbul dari hasil audit Aparat Pengawasan seperti BPK  , BPKP, dan Irjen/ Itwilprop/Itwilkab

 Tulisan ini dasarkan dari  pengalaman kami sebagai auditor baik sebagai Anggota tim audit. Ketua Tim audit , maupun Pengawas audit selama kurang lebih 32 tahun ,  di antaranya yang 15 tahun ( tahun 1985 – 2000  ) saya aktif membantu penyidik dan selanjutnya menjadi saksi ahli masuk pokok perkara dalam  di sidang pengadilan menangani  kasus korupsi./ melakukan audit forensic. Di samping itu juga  sering ditunjuk sebagai saksi ahli ade charge.

 Atas permintaan lisan IAI dan untuk membantu sesama akuntan yang melakukan investigasi maupun audit forensic( khusus sesuai hukum di Indonesia ) saya pada tahun 2000  mengarang buku dengan judul: “ AUDITING . Audit Khusus dan Audit Forensik Dalam Praktek ‘ yang diterbitkan Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Pada waktu sekarang ini sebagaian isi yang disajikan dalam buku tersebut  sudah berubah karena adanya undang-undang baru. Pembaharuan dari buku tersebut khususnya yang undang-undangnya berubah , telah kami perbaharui seperti dalam buku . tersebut di atas .Bagaimanapun juga agar pelaksanaan audit forensic   lebih berhasil, maka sebaiknya hokum mengerti sedikit tentang hukum.

Penulis pada waktu masih aktif, kami sering mengkritik kebijakan departemen dan juga  menulis artikel di  Majalah Media Akuntansi pada 1998  tentang UU Tindak Pidana Korupsi No. 3 Thun 1971 perlu ditinjau ulang . Kritikan tersebut ada dapat diterima Departemen  bahkan ada yang berlaku secara nasional.dan  UUPTK No.3 Tahun 1971 diganti dengan UU PTK No.31 Tahun 1999. Entah siapa yang menambah dalam tulisan pada majalah No. 20/V/1998 tersebut bahwa Penulis adalah pengamat masalah Pengawasan dan Pembangunan.

Setelah pesiun tahun per 01-01 -2001,  sampai sekarang pernah bekerja sebagai sebagai dosen, ikut pengacara, konsultan perusahaan,   konsultan Proyek ,   Internal auditor  di mana salah satu tugasnya membantu menyiapkan laporan keuangan untuk di audit .dan menindak lanjuti temuan audit  Aparat Pengawasan Pemerintah dan lain-lain.

Barang kali tulisan ini dapat menambah pengetahuan bagi Auditor,  dan dapat bermafaat bagi auditee, atasan langsung auditee, Kepala Kantor ,  Satker,Pemimpin Proyek dan .  Bendaharawan  khususnya  tulisan mengeani Audit dan Penyelesaian Damai  serta  Pemerhati masalah korupsi di negara kita  dan lain-lain..

                                                                                                 Soejono Karni

Barang kali kurang jelas, atau ingin menanyakan sesuatu  yang berhubungan dengan tulisan ini dapat menghubungi kami :

No. HP. 0818 0706 7701  atau   No,  081 7033 10233

About these ads

Satu Tanggapan to “KATA PENGANTAR”

  1. deogs Says:

    maju terus Gan !
    basmi tuh smua yg korup ! :)
    saya dukung banget
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: